Get paid to share your links!
Diberdayakan oleh Blogger.

Setu Babakan Budaya Betawi @setubabakan


Bosan pergi ke mall saat akhir pekan? Atau malas bepergian jauh ke luar kota? Setu Babakan yang berlokasi Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan dapat menjadi alternatif rekreasi yang patut dikunjungi. Danau kecil yang asri, dikelilingi oleh pepohonan dan berada di dalam perkampungan Betawi asli tentu menjadi selingan menyejukkan setelah seminggu padat beraktivitas.
Pusat Budaya Betawi Setu Babakan menunjukkan bahwa pemerintah khususnya DKI Jakarta sangat peduli dengan akar budaya Betawi agar tetap dikenal dan dilestarikan di tengah-tengah pembangunan kota dan kesibukan warganya. Bangunan khas Betawi yang unik juga ada di kawasan ini, saat ini terdapat 75 bangunan di tanah seluas 200 Ha yang menunjukkan nuansa dan ciri khas Betawi.

Selain rumah adat Betawi, makanan dan minuman  khas Betawi seperti kerak telor dan beer pletok bisa ditemukan disana. Tempat ini sangat penting dilestarikan, karena Setu Babakan satu-satunya konservasi Kebudayaan Betawi yang ada di Jakarta. Jika Setu Babakan tidak dilestarikan, maka kita akan kehilangan tempat yang terkenal dengan warisan kebudayaan Betawinya.
Menurut Andi Ariani, mahasiswi Public Relation di salah satu Universitas di Jakarta ini mengatakan, Setu Babakan cukup menarik, selain itu tempat ini cukup nyaman untuk berkumpul bersama keluarga maupun teman-teman. Pengemar musik Jazz ini juga mengatakan, “Kita tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk masuk ke Setu Babakan ini, karena tidak dipungut biaya dan juga jajanan disana harganya sangat terjangkau. Selain itu, setiap hari Sabtu dan Minggu kita bisa menonton atraksi-atraksi seni kebudayaan Betawi” ujarnya.
Ariani juga menambahkan, fasilitas kebersihan seperti, menambah wc umum dan tempat sampah serta fasilitas parkir yang sangat terbatas harus di perhatikan agar pengunjung merasa lebih nyaman.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar